About Me

Wajib Tahu!!! Inilah makanan rahasia para Ninja

NET TOKYO, Jepang - Ninja yang juga merupakan samurai Jepang memiliki satu rahasia sehingga mereka bisa bertahan seolah tidak makan selama puluhan hari. Salah satunya karena menyantap Hyorogan.



"Di kantong ninja kalau mau bertugas puluhan hari sampai tidak makan biasanya dia siap dengan Hyorogan," ungkap master Ninja Jepang, Shinichi Kawakami kepada Net24jam.com belum lama ini.Diet Ninja adalah bentuk ransum militer yang secara historis dikonsumsi oleh ninja.


Jenis ransum yang dikonsumsi termasuk Suikatsugan (haus air), Hyorogan, Kikatsugan (lingkaran kelaparan), Hoshi-ii (atau Hoshii), dan Katayaki. Pil Suikatsugan dibuat dengan acar plum (umeboshi), tepung soba, dan ubi. Hoshi-ii adalah nasi yang direbus dan dikeringkan.

Sedangkan Katayaki adalah kerupuk khusus dari wilayah Iga di Prefektur Mie. Ini juga merupakan kerupuk beras paling keras di Jepang. Asal usul Katayaki didasarkan pada makanan darurat yang pernah dibawa Iga Ninja bersamanya terutama di saat tugasnya. Di wilayah Iga, ada banyak toko manisan yang menjual katayaki sebagai makanan khas setempat.

Hyorogan terbuat dari beras ketan, beras biasa, biji teratai, ubi Cina, kayu manis, adlay, ginseng Asia dan gula. Sumber lain mengatakan bahwa Hyorogan terbuat dari bubuk gandum, sake, ketan dan wortel.

"Beraneka ragam Hyorogan cara pembuatan dan bahan dasarnya. Intinya bisa kering, awet bisa dimakan dan meningkatkan energi kita kembali," tambah Kawakami.

Hyorogan, bagian dari diet ninja dan samurai, juga mendapatkan versi modern yang bebas gluten.

Jepang modern adalah tempat yang sangat nyaman jika lapar dan jika berada di kota berukuran sedang, mungkin tidak terlalu jauh dari toko serba ada atau kedai ramen larut malam atau tempat mangkuk daging sapi (gyudon).

Namun, di masa lalu, industri restoran tidak begitu kuat.

Ninja dan samurai yang sibuk membutuhkan makanan cepat saji, dan ketika mereka merasa perut mereka keroncongan saat menjalankan misi rahasia atau saat mengamuk di medan perang, mereka mengandalkan hyorogan.

Para murid Grand Master Ninja Jepang, Masaaki Hatsumi (83) memberikan penghormatan pada leluhur terlebih dulu, sebelum memulai latihan Ninjutsu, ilmu dasar menjadi Ninja.

Para murid Grand Master Ninja Jepang, Masaaki Hatsumi (83) memberikan penghormatan pada leluhur terlebih dulu, sebelum memulai latihan Ninjutsu, ilmu dasar menjadi Ninja. 

Bentuknya seperti lubang donat yang kecil tapi sehat. Para prajurit bayangan dan pendekar pedang dengan ledakan energi yang cepat biasanya diberikan Hyorogan. Hyorogan sering muncul di novel dan anime sejarah, tapi tidak mudah didapat di kehidupan nyata Jepang saat ini. (Leo/Net)

Posting Komentar

0 Komentar